Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Captcha di Wordpress Untuk Proteksi Wordpress

 Bahkan jika Anda yakin dengan keamanan situs WordPress Anda, Anda tetap harus berhati-hati. Pelanggaran keamanan dapat mendatangkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada bisnis online Anda. Peretas sering menggunakan bot untuk menjenuhkan situs web Anda dengan spam, yang bisa cepat hilang kendali.


Untungnya, spammer dan bot dapat dijauhkan dari situs Anda menggunakan alat yang canggih. WordPress CAPTCHA adalah tes sederhana dan mudah digunakan yang memungkinkan keamanan di situs web Anda dan menawarkan lapisan perlindungan ekstra.


Mari kita lihat lebih dekat cara menggunakan CAPTCHA untuk melindungi situs web Anda.


Apa itu CAPTCHA?

CAPTCHA 4WP


CAPTCHA adalah akronim untuk tes "Tes Turing Publik Sepenuhnya Otomatis untuk Membedakan Komputer dan Manusia". Komputer dapat membedakan antara pengguna otomatis dan manusia berkat CAPTCHA, yang melakukan persis seperti namanya. Manusia dapat menyelesaikan tugas-tugas ini secara efisien, tetapi skrip otomatis mungkin kesulitan.


Tes CAPTCHA tradisional mengharuskan pengguna untuk memasukkan teks yang terdistorsi, tetapi reCAPTCHA adalah jenis CAPTCHA yang lebih baru dan kompleks yang telah ada untuk sementara waktu (dan noCAPTCHA, semacam spin-off reCAPTCHA). CAPTCHA yang tidak terlihat, versi terbaru, sekarang juga tersedia.


Bagaimana CAPTCHA Melindungi Situs WordPress Anda?

Peretas, spammer, atau bot dapat menyerang halaman login dan registrasi situs Anda. Biasanya, tujuan mereka adalah untuk mengakses area administrasi. Formulir, di mana Anda perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi, sangat bagus untuk digunakan peretas sebagai titik masuk.


Ketika pengguna yang tidak sah mendapatkan akses ke area admin WordPress Anda, banyak yang mungkin salah, termasuk:


Menghancurkan jaringan situs web

Mendistribusikan malware

Mengurangi lalu lintas situs web

Menuntut tebusan

Merugikan upaya pengoptimalan pencarian

Spamming di kolom komentar

Mencuri informasi pribadi

CAPTCHA WordPress membantu melindungi situs Anda dari peretas dan bot spam dengan mengonfirmasi apakah manusia yang sebenarnya mencoba menggunakan formulir di situs Anda. Secara tradisional ini termasuk peregangan visual, distorsi, atau memanipulasi angka dan huruf, kemudian mengandalkan kemampuan manusia untuk mengenali simbol.


Jenis CAPTCHA

Di atas tes CAPTCHA tradisional disebutkan namun tes CAPTCHA datang dalam berbagai bentuk. Seiring waktu, perangkat lunak yang lebih baru, lebih akurat, dan lebih efisien telah menggantikan versi yang lebih lama. Di bagian ini kita akan membahas jenis yang paling umum, perbedaan antara mereka dan plugin yang dapat Anda gunakan untuk menerapkannya di situs WordPress Anda.


OCR yang Dibantu Manusia

reCaptcha oleh BestWebSoft


Dengan jenis CAPTCHA yang umum ini, pengguna harus memahami teks atau gambar yang terdistorsi untuk masuk atau melengkapi formulir.


ReCAPTCHA, layanan Google yang menggunakan OCR yang dibantu manusia, adalah salah satu pengujian CAPTCHA yang paling terkenal. OCR (Pengenalan Karakter Optik) membantu pengguna yang tidak dapat mengenali teks yang dipindai karena gangguan penglihatan. Perangkat lunak OCR menyertakan audio yang setara untuk membantu mereka yang tuli atau tidak mendengar dengan benar menyelesaikan tes.


Google reCAPTCHA adalah solusi CAPTCHA efektif yang mengamankan situs web Anda dari penipuan, bot, dan penyalahgunaan, serta membantu memastikan kepatuhan terhadap standar PCI-DSS untuk mengamankan data pelanggan juga.


Plugin reCaptcha yang bernama sederhana adalah pilihan yang baik untuk situs WordPress. Pastikan untuk menggunakannya dengan plugin lain, seperti plugin formulir kontak, untuk memaksimalkannya.


Ini adalah cara cepat dan mudah untuk menyelesaikan tes CAPTCHA. Plugin menggunakan file gambar respons untuk memverifikasi jawaban ketika pengguna memasukkannya, dan jika jawabannya benar, formulir dapat dikirimkan.


Tidak ada CAPTCHA dan CAPTCHA Tak Terlihat

CAPTCHA 4WP Tak Terlihat


Dengan noCAPTCHA atau CAPTCHA Tak Terlihat, pengguna tidak dapat melakukan apa pun. Alih-alih itu bergantung pada pengguna yang aktif di situs web Anda, jadi ketika mereka mengklik tautan atau tombol yang ada, validitas mereka sebagai manusia dikonfirmasi.


Plugin WordPress CAPTCHA 4WP menambahkan noCAPTCHA dan reCAPTCHA yang tidak terlihat untuk menampilkan CAPTCHA pada formulir komentar, halaman login, halaman pengaturan ulang kata sandi, halaman pendaftaran, dll.


Beberapa CAPTCHA dapat ditampilkan di halaman yang sama (walaupun itu biasanya agak berlebihan). Dan login kontingen dapat dibuat dan ditampilkan setelah beberapa upaya gagal. Anda juga dapat memilih apakah akan menampilkan CAPTCHA kepada pengunjung yang masuk atau tidak.


Pertanyaan Logika

WC Captcha


Dalam tes pertanyaan logika, pengguna diberikan satu atau serangkaian pertanyaan untuk dijawab. Pertanyaannya biasanya sangat sederhana (seperti matematika dasar atau mengenali pola sederhana), sehingga anak usia tujuh tahun pun tidak akan kesulitan menjawabnya.


WC Captcha adalah plugin WordPress yang sangat baik untuk pertanyaan logika. Ini mengharuskan pengunjung untuk menyelesaikan pertanyaan matematika sederhana untuk mengakses situs Anda. Fitur tambahan termasuk menyembunyikan tes CAPTCHA untuk pengunjung yang masuk, memilih operasi matematika mana yang akan diterapkan, menampilkan CAPTCHA sebagai angka atau kata, memilih judul kotak, dan memasukkan waktu.


Pengenalan Gambar

Gambar Captcha untuk bentuk Gravitasi

CAPTCHA berbasis teks telah dihapus dan diganti dengan yang berbasis gambar. Alih-alih mengandalkan teks yang terdistorsi, gambar

digunakan untuk menggambarkan ide.


Pengenalan gambar mengharuskan pengguna untuk mengidentifikasi objek tertentu dalam suatu gambar. Sebagai aturan umum, CAPTCHA berbasis gambar meminta pengguna untuk memilih gambar yang sesuai dengan topik atau mengenali gambar yang tidak sesuai. CAPTCHA ini menggunakan komponen grafis seperti foto binatang, bentuk, atau pemandangan.


Berbagai pilihan tersedia, termasuk satu gambar yang dibagi menjadi beberapa bagian oleh kisi, dua foto independen yang disajikan bersebelahan atau meminta pengguna untuk memilih grafik yang benar. KC Computing memiliki beberapa opsi khusus formulir yang bagus di WordPress.org, seperti Captcha Gambar ini untuk formulir Gravity.


Interaksi Pengguna CAPTCHA

WP Bentuk Puzzle Captcha



Tindakan sederhana, seperti menggeser penggeser melintasi layar, digunakan dalam pengujian interaksi pengguna. Terlepas dari kesederhanaannya, komputer mengalami kesulitan untuk lulus tes jenis ini, jadi ini hampir merupakan cara yang sangat mudah untuk melindungi situs web Anda.


Contoh CAPTCHA interaksi pengguna adalah plugin WP Forms Puzzle Captcha. Potongan teka-teki meluncur ke dalam slot alih-alih kode tiga digit di plugin ini, yang bekerja dengan cara yang sama seperti plugin Simple Login Captcha. Ini adalah solusi yang baik untuk mencegah bot mendapatkan akses ke situs Anda karena mereka belum menemukan cara untuk memecahkan teka-teki ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Captcha di Wordpress Untuk Proteksi Wordpress"