Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pasport Ke Luar Negeri Lengkap

Cara Membuat Pasport Untuk Ke Luar Negeri - Paspor adalah dokumen penting bagi warga negara saat masuk dan keluar. Jadi apa itu paspor? Bagaimana cara mendapatkan paspor untuk pergi ke luar negeri? Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan paspor?simak penjelasan berikut.

Semua orang pasti akan membutuhkan paspor, terlebih mereka yang sering ke bepergian. Karena paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri, untuk itu kami akan bahas beberapa Cara membuat pasport untuk ke luar negeri.Sebelumnya, ketahuilah beberapa jenis paspor. Paspor hijau yang dimiliki oleh warga negara biasa dan Paspor biru yang dimiliki oleh para diplomat atau pejabat negara. 

Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis atau kita akan dikenakan denda bila melebihi 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Untuk menghindari menggunakan calo, kita harus mengetahui betul cara membuat paspor.



Bagaimana Cara Membuat Pasport untuk ke Luar Negeri ?


Cara Mendapatkan Paspor untuk Pergi ke Luar Negeri

Dokumen pribadi yang harus disiapkan saat mengajukan paspo ,Hal terpenting dalam cara mendapatkan paspor untuk pergi ke luar negeri adalah mempersiapkan segala macam dokumen. Setiap kusus memiliki daftar dokumen sendiri yang perlu disiapkan.

Kusus normal (pemegang paspor 14 tahun atau lebih):

  • Satu formulir aplikasi untuk paspor. Lengkapi persyaratan dalam deklarasi dengan lengkap dan akurat. Kemudian Anda perlu mendapatkan konfirmasi dari polisi komune atau lingkungan tempat Anda memiliki tempat tinggal tetap.
  • Buku Pendaftaran Rumah Tangga (1 eksemplar dilampirkan dengan aslinya untuk tujuan perbandingan).
  • Kartu Tanda Penduduk/Kartu Tanda Penduduk (1 rangkap dilampirkan dengan aslinya sebagai perbandingan).
  • Empat foto diambil dalam ukuran 4 x 6 cm. Fotografer harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: berusia tidak lebih dari 6 bulan, latar belakang putih, tatanan rambut rapi, tidak berkacamata, kemeja berkerah. Di instansi pemerintah yang membidangi pembuatan paspor bagi warga negara, terdapat layanan fotografi
  • Buku tempat tinggal sementara jika Anda orang asing.


Membawa Kode Booking ke Kantor Imigrasi

Kamu perlu membawa kode booking yang didapatkan setelah menyelesaikan pendaftaran online ke Kantor Imigrasi. Jangan lupa untuk membawa juga segala persyaratan yang dibutuhkan, seperti e-KTP beserta fotokopi secara utuh, Kartu Keluarga asli dan fotokopiannya, akta kelahiran ataupun ijazah, hingga beberapa data lain seperti surat buku nikah jika kamu memang memilikinya. 

Pastikan kamu menyiapkan materai Rp 6.000 untuk administrasi pengajuan paspor dan selanjutnya tunjukkan kode booking atau barcode ke petugas Imigrasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Petugas Memeriksa Dokumen

Setelah menunjukkan kode booking kepada petugas Imigrasi, kamu bisa menunggu hasil pemeriksaan persyaratan dokumen yang kamu bawa. Jika lengkap, kamu akan langsung diberikan nomor antrian pembuatan paspor. Nantinya kamu akan diarahkan untuk menuju ruang pengambilan foto, sidik jari, dan sesi wawancara. 

Proses Pengambilan Data Pemohon

Disinilah kamu sebagai pemohon akan dipanggil petugas Imigrasi untuk melakukan proses foto, pengambilan sidik jari, dan sesi wawancara. Kamu wajib mengenakan pakaian rapi berkerah dan tidak mengenakan baju berwarna putih. Mengapa? Hal ini dilakukan agar foto paspor kamu terlihat jelas saat diperiksa di Kantor Imigrasi luar negeri.

Mendapatkan Kode Pembayaran

Setelah mengikuti serangkaian pengambilan data tadi, kamu akan mendapatkan tanda terima serta kode bayar atau yang disebut billing. Pembayaran ini dapat dilakukan maksimal tujuh hari setelah proses wawancara dan bisa dilakukan di semua bank. demikian ulasan penjelasan tentang Cara membuat pasport untuk ke luar negeri semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pasport Ke Luar Negeri Lengkap"